Beranda | Artikel
Pembagian Surah-Surah Al-Quran
Rabu, 4 Oktober 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yala Kurnaedi

Pembagian Surah-Surah Al-Qur’an adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 13 Rabi’ul Awal 1445 H / 28 September 2023 M.

Pembagian Surah-Surah Al-Qur’an

 أُعطِيتُ مكانَ التَّوراةِ السَّبعَ ، وأُعطِيتُ مكانَ الزَّبورِ المئين ، وأُعطِيتُ مكانَ الإنجيلِ المثانيَ ، وفُضِّلتُ بالمُفصَّلِ 

Aku diberi As Sab’ut Thiwal (tujuh surat yang panjang) sebagai ganti Taurat, aku diberi Al Mi’in (ratusan) sebagai ganti Zabur, aku diberi Al Matsani sebagai ganti Injil, dan aku diberi kelebihan dengan Al Mufashshal.”

“Aku diberikan ganti dari kitab Taurat dengan 7 surah, aku diberi ganti dari Zabur dengan Al-Mi-in, dan aku diberi ganti dari kitab Injil dengan Al-Matsani, serta aku dilebihkan daripada yang lainnya dengan Al-Mufashal.” (HR. Imam Ahmad, Ath-Thayalisi, dan yang lainnya, hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani Rahimahullah)

Di dalam hadis ini, Rasul kita Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan bahwa Al-Qur’an ini terbagi menjadi 4 bagian. Yaitu:

  1. Tujuh surah yang panjang itu adalah Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisa, Al-Maidah, Al-An’am, Al-A’raf, Al-Anfal dan At-Taubah. Tujuh surah yang panjang ini menggantikan Taurat.
  2. Kemudian ada المئين sebagi ganti Az-Zabur. Yang dimaksud dengan المئين yaitu surah-surah yang jumlah kebanyakan ayatnya 100 lebih. Yaitu dari surah Yunus sampai akhir surah As-Sajadah.
  3. Kemudian ada المثاني, dimana kedudukannya seperti pengganti dari Al-Injil. Yang dimaksud المثاني yaitu surah-surah yang jumlah ayatnya kurang dari seratus. Yaitu dari surah Al-Ahzab sampai akhir surah Al-Hujurat.
  4. Kemudian ada المفصل. Ini kelebihan yang diberikan untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam daripada nabi-nabi yang lainnya. Surah المفصل lebih pendek daripada surah yang lainnya. Dia dimulai dari surah Qaf sampai An-Naas.

Imam Hasan Al-Bashri berkata:

إن الله أودع علوم الكتب السابقة في القرآن ، ثم أودع علوم القرآن الفاتحة ، فمن علم تفسيرها كان كمن علم تفسير جميع الكتب المنزلة

“Sesungguhnya Allah Ta’ala telah menitipkan ilmu kitab-kitab sebelum itu ada dalam Al-Qur’an. Kemudian ilmu-ilmu Al-Qur’an itu disaripatikan di surah-surah Mufashal. Kemudian disaripatikan di Surat Al-Fatihah. Barangsiapa yang mengilmui tafsirnya, maka seakan-akan dia mengetahui semua tafsir dari semua kitab yang ada.”

Apa faedah kita memahami Pembagian Surah-Surah Al-Qur’an ini? Faedahnya supaya kita tahu sunnah ketika shalat. Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53416-pembagian-surah-surah-al-quran/